Sabtu, 17 Mei 2014

Tiada Kata “Menyerah”


   

    

Cantik dan berbakat, itulah sapaan yang tepat bagi seorang Martha Tilaar. Wanita yang lahir di Kebumen, Jawa Tengah pada tanggal 4 September 1937 ini merupakan pengusaha kosmetik yang bernama Sariayu Martha Tilaar. Beliau dikenal dengan sosok yang mandiri. Sejak remaja, beliau senang bergulat dengan dunia usaha untuk menambah uang jajannya. Menjual makanan ringan, mengambil Sogok Telik dan Jali-jali Putih yang dirangkai menjadi kalung dan gelang  untuk dijual ke teman-temannya di sekolah beliau tekuni.
Seorang sarjana kecantikan dari Academy of Beauty Cultre, Bloomington, Indiana, AS ini membuka usaha kerja dibidang kecantikan untuk pertama kalinya yaitu jasa layanan salon di negeri Paman Sam. Berbagai cara untuk mempromosikan usahanya, beliau jalani. Mulai dari membuat selebaran kertas sederhana, mengunjungi kampus-kampus, dan mendatangi rumah-rumah mantan dosen beliau lakoni. Istri dari H.A.R. Tilaar dan ibu dari empat anak yang bernama Bryan Emil Tilaar, Pinkan Tilaar, Wulan Tilaar, dan Kilala Tilaar serta nenek dari beberapa orang cucu adalah sosok yang tidak kenal kata menyerah. Beliau selalu mencoba sesuatu hal ketika orang lain mengatakan tidak mungkin. Menurutnya yang paling utama adalah bukan melihat besarnya hambatan di depan kita, tapi bagaimana kita memecahkan masalah yang ada.    
Pada tahun 1970, beliau kembali ke tanah air dan membuka salon kedua di Jalan Anggur No.3 Cipete, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan sembari menggunakan merek dagang Sariayu yang terbaru. Beliau sempat mengalami jatuh-bangun dalam dunia usahanya. Beberapa orang memandang sebelah mata dengan produk kosmetik yang dikelolanya. Namun, berkat dorongan dari diri dan orang-orang disekitarnya, beliau tidak kenal lelah untuk mengeksplorasi kekayaan alam Indonesia demi produk-produknya dengan tujuan perempuan Indonesia tetap terpelihara kecantikannya.

Kepribadian yang tidak pantang menyerah, membuat Martha Tilaar menjadi orang yang sukses hingga saat ini. Terbukti bahwa beliau sukses memproduksi merek kosmetika, perawatan tubuh, spa, dan berbagai jamu yang dikenal hingga mancanegara. 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 Cosmetic Girl

Elsa - Disney's Frozen